Membuat Program Garis dengan OpenGL
Sekilas Tentang
OpenGL, mungkin sudah ada beberapa yang tahu tentang OpenGL, tapi untuk saya?
Saya sendiri saja baru tahu tentang OpenGL, dan membuat Tugas ini secara
Otodidak dengan bantuan si Google.
Yuk mulai OpenGL
itu apa……………
OpenGL
(Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah
lintas-bahasa, lintas
platform API untuk
mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250
panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga
dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana.
OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992
[2] dan secara luas digunakan dalam CAD,
realitas maya,
visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game,
di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL
Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba
yaitu Khronos Group (Wikipedia).
Bentuk umum perintah pada OpenGL:
(awalanlibrary)(perintah)(optional jumlah argument)(optional tipe
argument);
Setiap perintah
pada OpenGL menggunakan awalan ‘gl’ lalu
diikuti dengan huruf capital setiap katanya, contoh: glPushMatrik. Fungsi asli dari OpenGL sendiri selalu diawali
dengan gl yang terdapat pada library opengl32.dll dan file header gl.h.
Sedangkan beberapa library yang telah ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi
tambahan pada OpenGL adalah OpenGL Utility Library (GLU) yang didalamnya
terdapat sejumlah rutin yang menggunakan level bawah dari perintah OpenGL.
Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library ini digunakan sebagai bagian dari
implementasi OpenGL.
Oke, dari pada terlalu banyak penjelasan
yang saya jelaskan sebagai seorang pemula di OpenGL, mari kita membuat program
pertama dengan membuat garis.
1. Membuat garis Horizontal
Berikut codenya:
glBegin
(GL_LINES);
glColor3f
(2.2f, 0.0f, 0.6f); glVertex2f (-0.8f,
0.0f);
glColor3f
(0.0f, 0.0f, 1.6f); glVertex2f (0.8f,
-0.0f);
glEnd
();
Penjelasan:
Untuk membuat garis membutuhkan
titik-titikkoordinat yang akan saling menghubungkan
, titik koordinat yang dibuat,
ttitik X1 = -0.8 , Y1
= 0.0 , X2 = 0.8 , Y2 = -0.0 )
pembacaan pada code: glVertex2f (-0.8f, 0.0f); <<TITIK AWAL (X)
glVertex2f (0.8f, -0.0f); << TITIK AKHIR (Y)
Untuk membuat garis menjadi
berwarna codenya:
glColor3f (2.2f, 0.0f, 0.6f);
penggabungan warna merah dan biru, maka menjadi warna
agak pink untuk garis di titik awal ke tengah
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.6f);
memiliki warna
biru untuk garis tengah ke titik akhir.
nb: Red=
0.0 Green=0.0 Blue=
0.0
Outputnya:
2. Membuat Garis Vertikal
Berikut Codenya:
glBegin (GL_LINES);
glColor3f (2.2f, 0.0f, 0.6f); glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.6); glVertex3f(0,-0,0.-0);
glEnd ();
Penjelasan:
Untuk
titik vertical ini, titik-titikkoordinat
yang dibuat:
Mempunya titik
X1 = -0.10 ,
Y1 = 0.-0 ,
X2 = 10.0 ,
Y2 = 0.-0 X3 =
13.13)
pembacaan pada codenya: glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
<< TTITIK AWAL (X)
glVertex3f(0,-0,0.-0);
<<TITIK AKHIR (Y)
Untuk membuat garis menjadi berwarna codenya:
glColor3f
(6.0f, 0.3f, 1.6f); Mengkombinasi warna merah,hijau,biru dari titik awal
sampai garis tengah dimana pemberian nilai yang terbanyak ada di warna Merah.
glColor3f (4.0f, 0.3f, 1.6); Mengkombinasi
warna merah,hijau,biru dari garis tengah ke titik akhir dimana pemberian nilai
yang terbanyak ada di warna Merah. Maka ketika dicompile garis akan berwarna
Pink.
nb: Red=
0.0 Green=0.0 Blue=
0.0
Outputnya:
3. Membuat Garis Diagonal
Berikut codenya:
glBegin
(GL_LINES);
glColor3f (2.0f, 2.0f, 0.0f);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 0.0f);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd ();
Penjelasan:
Untuk
titik diagonal ini, titik-titik koordinat yang dibuat:
Mempunya titik
X1 = -0.0 ,
Y1 = 9.9 , X2 = -0.8 , Y2 = 8.9 X3 = 0.1)
pembacaan pada codenya: glVertex3f(0,0,-0.8);
<< TTITIK AWAL (X)
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); <<TITIK AKHIR (Y)
Untuk membuat garis menjadi berwarna codenya:
glColor3f
(2.0f, 2.0f, 0.0f); Mengkombinasi
warna merah,hijau, dari titik awal sampai garis tengah dimana pemberian nilai
yang banyak yang sama ada di warna merah dan hijau
glColor3f
(0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk titik akhirnya pemberian nilainya dibagi rata,
maka ketika dicompile akan berwarna merah karena penggabungan warna merah dan
hijau yang memiliki nilai warna yang sama
nb: Red=
0.0 Green=0.0 Blue=
0.0
OUTPUTNYA:
kita juga punya nih artikel mengenai 'OpenGL', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2293/1/Differences%20Of%20Cube%20Mapping%20and%20Dynamic%20Cube%20Mapping.pdf
terimakasih